January 26, 2023
Ketahui Langkah-Langkah Menerapkan Programmatic Advertising

Di era digital seperti sekarang, sebagai pebisnis harus mampu menggunakan strategi pemasangan iklan terbaik. Metode programmatic advertising menjadi salah satu opsi paling populer karena mempunyai sejumlah keunggulan.

Metode iklan satu ini dapat membantu dalam meningkatkan brand awareness, jangkauan, dan impresi. Selain itu, Anda bisa bersaing dengan para kompetitor secara lebih baik sehingga tetap bertahan meskipun saingan bermunculan.

Banyak opsi pemasangan iklan dengan berbagai channel dimana hanya membutuhkan sedikit interaksi dari manusia. Ini terjadi karena tidak ada proses manual dimana semua dilakukan menggunakan teknologi dan bersifat online.

Ketahui Langkah-Langkah Menerapkan Programmatic Advertising

Langkah-Langkah Menerapkan Programmatic Advertising

Melalui iklan terprogram dapat membantu Anda memperluas jaringan atau target pelanggan secara efisien. Untuk memakai strategi ini, ikuti langkah-langkah menerapkannya seperti berikut.

1. Memilih Platform yang Tepat

Langkah pertama adalah memilih platform programmatic ads yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis. Pilih platform yang menggunakan sistem marketing automation dimana mampu bekerja secara real-time, misalkan Sell Side Platform dan Demand Side Platform.

Demand Side Platform merupakan layanan dimana advertiser dapat membeli inventaris iklan di beberapa platform sekaligus. Selain itu, Sell Side Platform mempunyai layanan penjualan iklan secara real-time.

2. Menargetkan Audiens

Menargetkan audiens menjadi hal penting untuk diperhatikan agar iklan dapat sesuai target atau tepat sasaran. Anda bisa mengelompokkannya menjadi beberapa kategori berdasarkan sejumlah karakteristik, seperti:

  • Demografi (domisili, usia, jenis kelamin, dan lainnya)
  • Minat (hal yang disukai)
  • Psikografis (kepribadian, customer value, gaya hidup, dll)
  • Perilaku (kebiasaan belanja, penggunaan internet, dll)

3. Menjalankan Retargeting Campaign

Penargetan ulang juga harus dilakukan karena dapat membantu meningkatkan penjualan lebih besar lagi. Ini akan semakin mudah, karena telah mengetahui apa yang menjadi minat dari audiens sebelumnya.

Pada momen ini, Anda bisa memberikan daya tarik tersendiri seperti penawaran diskon atau potongan harga. Melalui strategi tersebut, maka penjualan diharapkan semakin naik pesat.

4. Memahami Customer Journey

Dalam menjalankan iklan terprogram atau programmatic advertising, agar proses penargetan berjalan dengan baik, perlu memahami customer journey. Karakteristik setiap pelanggan yang berbeda-beda harus didefinisikan secara jelas.

Pembuatan peta pemahaman pelanggan akan membantu dalam mengelompokkan karakteristik mereka. Dengan begitu, proses pemasangan iklan digital ini bisa berjalan secara lancar sesuai rencana.

Stick Earn, Solusi Pemasangan Programmatic Ads Anda

Stick Earn merupakan perusahaan layanan pemasangan iklan digital terpercaya dengan banyak pilihan opsi sesuai kebutuhan Anda. Kunjungi stickearn.com untuk menemukan produk terbaik dan rasakan dampaknya untuk kemajuan bisnis.

Itu dia informasi tentang cara dalam menjalankan programmatic advertising agar hasilnya optimal dan efektif. Dengan metode tepat, maka bisnis Anda bisa memperoleh beragam keuntungan, termasuk naiknya nilai penjualan serta mampu bersaing lebih kuat dengan para kompetitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *